PRODI SPI Jajaki MBKM dengan Ilmu Sejarah UGM

Yogyakarta- Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab (FA) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) melaksanakan kunjungan dan penjajakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ke Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta. Rabu/01/03/23

Kegiatan ini dilakukan untuk menjalin hubungan kerjasama antara Departmen Sejarah Prodi S1 Sejarah UGM dengan Prodi SPI Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung. Dalam sambutan pembukaan MBKM dengan UGM, ketua Prodi SPI Dr. Wahyu Iryana mengatakan bahwa program MBKM ini menyambut program pemerintah pusat untuk saling menguatkan pengembangan pengetahuan di bidang pendidikan lintas kampus. Ketua Prodi SPI didampingi oleh Sekretaris Prodi Aan Budianto, M. A menghadirkan 64 Mahasiswa Prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung. Hadir juga Wadek I Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung Dr. Nadirsah Hawari, LC., MA yang menyambut baik acara yang di gagas Prodi Sejarah Peradaban Islam FA UIN Lampung di Prodi Ilmu Sejarah UGM.

Kehadiran Prodi SPI di UGM didasari semangat ngangsu kaweruh terkait ilmu sejarah karena Ilmu Sejarah UGM adalah tempat lahir para begawan sejarah dan banyak mencetak sejarawan handal yang berkelas dunia. Dr. Mutia Amini selaku Kaprodi S1 dalam sambutannya menegaskan pentingnya sejarah dengan menguatkan Pengantar Ilmu Sejarah, Metodologi, Historiografi. Dr. Mutia Amini menegaskan bahwa program MBKM di UGM sudh berjalan sejak program ini dirancang oleh Mas Menteri Nadiem Makarim dan berharap akan ada mahasiswa dari Prodi SPI yang tertarik mengambil program MBKM selama 1 semester di Sejarah UGM.

Kegiatan kunjungan ini juga diberikan kuliah umum yang langsung diberikan oleh Dr. Mutia dengan topik Historiografi Indonesia. Bahwa sejarah Indonesia merupakan semangat membangun perdaban manusia menjadi lebih baik lagi. Ia juga menerangkan makna sejarah, perubahan dan penjelasan sejarah, kajian riset dan sejarah ilmu sejarah. Termasuk sejarah Islam di Indonesia bisa saja ditegaskan melalui lacakan arah masuknya Islam ke Indonesia sampai sekarang. Antusiasme mahasiswa Prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab UIN Raden Lampung. Malah ada sebagaian mahasiswa SPI UIN Lampung keinginan untuk melanjutkan studi magister ke UGM. Acara MBKM ini digagas sejak tanggal 27 Februari sampai 3 Maret 2023 di Jogjakarta.

Organisasi mahasiswa Sejarah UGM, Badan Keluarga Mahasiswa Sejarah (BKMS) Fakultas Ilmu Budaya juga merasa senang dengan kunjungan dari teman-teman mahasiswa dari Prodi SPI dan berharap kedepannya akan bergabung dalam join riset dan bersinergi dengan kegiatan kemahasiswaan.

Tinggalkan Balasan