Prodi SPI FA UIN Raden Intan Lampung Gelar Sempro Angkatan I


Bandar Lampung_4 Juni 2022. Prodi Sejarah Peradaban Islam melakukan Seminar Sejarah angkatan pertama. Dosen pengampu mata kuliah Seminar Sejarah Dr. Abd. Rahman Hamid menjelaskan bahwa “Proses akhir mata kuliah seminar sejarah ya menyeminarkan proposal penelitian mahasiswa dan hari ini sudah dilakukan.”Ucapnya.


Sedangkan dalam sambutannya ketua prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung Dr. Wahyu Iryana memberikan motivasi dan semangat agar mahasiswa sejarah fokus pada riset-riset di wilayah sekitar Lampung tentunya yang bertendensi terkait Sejarah Islam yang temanya sangat banyak, Perlawan Ulama Lampung terhadap penjajah, jalur rempah, diaspora masyarakat Lampung, aktivitas keagamaan, berhaji masyarakat Lampung, peristiwa Krakatau dampak bagi kehidupan masyarakat muslim di Lampung, komunitas masyarat multi etnis Muslim, Melayu, Bali, Bugis, Jawa dan sebagainya. Wahyu juga menyebutkan bahwa hasilan seminar sejarah ini akan diproses ke seminar proposal kemudian setelah di SK an langsung di sidang munakosahkan (Skripsi).


Wahyu juga memberikan ucapan terimakasih kepada dosen pengampu yang sudah memaksa mahasiswa dalam kebaikan yakni menulis proposal penelitian skripsi. Mahasiswa yang melakukan seminar sejarah atas nama Elda Harita Fauzan judul penelitian ” Perdagangan Rempah Lada dan Islamisasi di Lampung Abad XVII-XVIII, Bagas Pradana judul penelitian Pemukiman Masyarakat Melayu Lampung di Cikoneng Anyer, Banten Abadi Ke 16. Syahril Ramadhan judul penelitian Perlawanan Gerilya Rakyat di Aceh 1898-1906. Kiki Widia Sari judul penelitian Suku Bugis Di Lampung Abad XIX-XX. Arifin judul penelitian Diaspora Muslim Pasai di Pantai Utara Jawa Abad XIV-XVI. Rijal Khaerudin Judul Aktivitas Dakwah KH. Ghalib di Pringsewu 1928-1949. Nurma Safitri judul penelitian Perkembangan Jilbab Gaul. Siti Maftuhatus Sofiyah judul penelitian Perjuangan dan Pemikiran KH. Ahmad Hanafiah Sukadana Lampung. Judul judul tersebut dibimbing secara ketat oleh dosen pembimbing yang ada di prodi sejarah seperti Aan Budianto, MA, Uswatun Hasanah M. Hum., Agus Mahfudin M. Hum, Dr. Abd. Rahman, dan Dr.Wahyu Iryana sendiri selalu ketua prodi Sejarah Peradaban Islam FA UIN Raden Intan Lampung. Harapannya angkatan pertama prodi Sejarah Peradaban Islam FA UIN Raden Intan Lampung ini menjadi acuan dasar angkatan berikutnya. Setalah Seminar Sejarah Ketua Prodi kemudian melakukan rapat evaluasi Prodi SPI FA UIN Raden Intan Lampung.(Guswa.com)