Webinar Sejarah Haji : Kerjasama Prodi SPI dengan Perpusnas RI


Bandar Lampung – Menyambut pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2022, Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) UIN Raden Intan Lampung bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional (PERPUSNAS) Republik Indonesia mengadakan webinar dengan tema “Haji dalam Lintas Sejarah: Perspektif Arsiparis, Sejarawan dan Pustakawan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Rabu, 15 Juni 2022 secara online dari pukul 08.00 WIB sd 10.30 WIB.

Hadir dalam acara ini untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara yaitu Dekan Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung, Dr Ahmad Bukhari Muslim, Lc., M. A. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan webinar yang memotret kajian tentang Sejarah Haji agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Haji juga menjadi bagian penting sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Acara yang dipandu oleh Uswatun Hasanah, M. Hum (Dosen SPI UIN RIL) itu sendiri menghadirkan tiga pemateri yaitu Frial Ramadhan Supratman (Pustakawan Perpusnas RI), Yeri Nurita (Koordinator Monograf dan Berkala Langka Perpusnas RI) dan Wahyu Iryana (Kaprodi SPI UIN RIL).

Peserta yang berpartisipasi dalam acara ini berjumlah 146 dari seluruh wilayah Indonesia, baik dari kalangan akademis maupun praktisi sejarah. Hadir juga Prof. Dr. M. Dien Madjid dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah menulis beberapa buku tentang sejarah haji. Dari kalangan guru serta pustakawan dari berbagai instansi juga turut meramaikan webinar dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang menggali informasi bagaimana perjalanan haji dari nusantara.

Poin penting dari kegiatan webinar ini adalah bahwa periode perkembangan pemberangkatan ibadah haji di Indonesia mengalami berbagai dinamika sejak masa perkembangan awal masuknya Islam ke Nusantara, era kolonisasi hingga kemerdekaan. Berbagai kejadian yang dialami oleh jamaah haji dari Indonesia juga terpotret dari penjelasan para narasumber. Perubahan kebijakan dan peran pemerintah kolonial hingga republik juga memiliki pengaruh besar pada perjalanan sejarah haji Indonesia. (Red. Ansel)

Link Rekaman Youtube Kegiatan Webinar Sejarah haji