Prodi SPI FA UIN RIL Sukses Gelar Bimtek Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa

Bandar Lampung- Progam Studi Sejarah Peradaban Islam (Prodi SPI) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung mengadakan Bimbingan Teknis (BimTek) Penulisan Karya Tulis Ilmiah Sejarah bagi Mahasiswa Prodi SPI, bertempat di Gedung Rektorat Lama lantai 3 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) pada Hari Jumat dan Senin, 19 dan 22 Mei 2023.

Acara ini di adakan dengan menghadirkan 58 mahasiswa, terdiri dari semester 6 dan semester 4 yang bersiap menyusun Skripsi. Bimtek karya tulis Ilmiah juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Mahasiswa dalam pencarian sumber dan metode menulis jurnal atau karya ilmiah. Sekaligus penguatan mata kuliah metodelogi Penelitian Sejarah dan Jurnalistik Sejarah, yang kedua peruntukannya tentu saja untuk para mahasiswa terkhusus mahasiswa SPI yang sedang menuju menulis skripsi.

BimTek Penulisan Karya Ilmiah dihadiri oleh Dr. Nadirsyah Hawari Lc.MA selaku Wakil Dekan 1 (Wadek 1 ) FA, Kian Amboro dan Bahtiar Afwan selaku narasumber pada acara ini. Dalam laporannya ketua pelaksana Agus Mahfudin Setiawan, M.Hum menyatakan bahwa agenda prodi SPI yakni Bimtek karya tulis ilmiah sangat berguna untuk penguatan skill menulis mahasiswa, begitupun Dr. Wahyu Iryana selaku Ketua Prodi SPI Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung menyatakan perlunya bimtek karya tulis ilmiah untuk menguatkan nalar literasi dalam bidang tulisan untuk mahasiswa Prodi SPI nanti sebanyak 50 tulisan mahasiswa yang sudah lolos seleksi akan dimodifikasi dan di HKI kan agar menjadi kekuatan sub unsur dalam bundel ajuan borang, karena Wayan begitu ia disapa sahabat dosen dan mahasiswa mengatakan bahwa muara dari semua program di prodi SPI adalah untuk penguatan Akreditasi menuju prodi Unggul. Ketua Prodi juga didampingi oleh Aan Budianto selaku Sekretaris Prodi SPI dan Uswatun Hasanah selaku Dosen Prodi SPI, serta Mahasiswa SPI semester 4 dan 6.


Acara berjalan lancar dan antusias karena mahasiswa mendapat buku Sejarah Pergerakan Nasional; Melacak Akar Historis Kiprah Kaum Santri dalam Mempertahankan setiap Jengkal Tanah Pertiwi dan Buku Historiografi Islam sebagai sumber/pengayaan dari ketua Prodi SPI Dr. Wahyu Iryana.
Acara diakhiri dengan pengumpulan tulisan dari mahasiswa Prodi SPI selaku peserta Bimtek.
Fajar salah satu mahasiswa Prodi SPI menyatakan ” Saya merasa senang banyak ilmu untuk penguatan menulis saya dapatkan, dan saya yakin temen temen yang lain juga merasakan hal yang sama.”
Acara diakhiri dengan foto bareng untuk mengabadikan momen.(Wayanillah.red)

Tinggalkan Balasan