Dlupak Murub! Prodi Sejarah Peradaban Islam FA UIN Raden Intan Lampung


Raden Intan, 31 Januari 2022 Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) yang di Nahkodai Dr. Wahyu Iryana sukes menyelenggarakan Stadium General dan Diskusi Buku Sejarah Pergerakan Nasional; Melacak Akar Historis Perjuangan Bangsa dan Kiprah Kaum Santri dalam mempertahankan NKRI Karya Wahyu Iryana sendiri. Kegiatan ini merupakan upaya prodi SPI dalam menggagas Budaya akademik Fakultas Adab yang progresif. Adapun yang didapuk sebagai pembanding dalam diskusi buku SPN adalah Dr. Abd Rahman dan ketua Prodi Pendidikan Sejarah UM Metro Lampung Kuswono, M. Pd. Acara Diskusi ini diawali membaca kalam Ilahi, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars UIN Raden Intan Lampung, Mars Prodi SPI, pembacaan Puisi oleh Mahasiswa dan pelaksanaan Diskusi buku SPN ini juga merupakan aplikasi real dari kerjasama antara Prodi Sejarah Peradaban Islam FA UIN Raden Intan Lampung dengan Pendidikan Sejarah UM Metro.

Dalam sambutan lnya, ketua pelaksana Elda Haris Fauzan mengatakan program ini merupakan inisiatif ketua prodi SPI yang dikerjakan bareng bersama HMPS SPI biar semuanya aktif. Sedangkan sambutan atas nama Prodi SPI diwakili oleh sekretaris prodi SPI Aan Budianto, S.Pd.,MA., Ia mengatakan bahwa sejarah adalah masa lalu yang berpengaruh pada masa sekarang dan bermanfaat untuk masa depan, Sedangkan Dekan Fakultas Adab Dr. KH. Ahmad Bukhari Muslim,LC.,MA dalam sambutan pembuka acara menyampaikan bahwa prodi Sejarah Peradaban Islam adalah prodi pilihan seperti ketika beliau kuliah di Cairo Mesir hanya mahasiswa pilihan dari setiap negara 1 orang hanya satu untuk bisa masuk prodi Sejarah Peradaban Islam (Tarokh Islam) hal ini memberikan garis resultan akedemik yang kuat dan kokoh agat maahasiswa SPI semakin yakin dan bangga dengan prodi SPI.

Hadir sebagai peserta seluruh mahasiswa prodi SPI, dosen UM Metro, Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNILA. Acara juga didesain meriah dengan adanya doorproze dari penerbit Prenada. Prodi SPI FA UIN RIL setelah dinahkodai Dr. Wahyu Iryana semakin progres melakukan program program bernuansa akademis walaupun dalam jumlah personil hanya 6 dosen yang stanby dan produktif berkhidmat, namun manajemen yang dibagun ketua prodi SPI dengan semangat yang revolusioner berbasis manajeman akreditasi Wahyu Iryana telah mampu memberi oase akademis dalam Fakultas Adab yang baru berdiri pada 2019, namun demikian prodi SPI sudah terkahreditasi BAN PT dengan akreditasi Baik. Semoga progresifitas prodi SPI mengilhami nuansa akademik yang baik dan mendulang kerja kerja kampus yang profesional. Dlupak murub Prodi SPI FA UIN RIL. (Wared.com)