UIN Raden Intan Sukses Gelar Temuan Hasil Riset KH. Ahmad Hanafiah


Bandarlampung, Jumat 24 Juni 2022 Tim pengusul ajuan gelar pahlawan KH. Ahmad Hanafiah dari UIN Raden Intan Lampung bertandang ke dinas sosial Provinsi Lampung guna melaporkan hasil penelusuran sumber di lapangan terkait jejak perjuangan KH. Ahmad Harafiah. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kabupaten Lampung Timur beserta jajaran, ketua TP2GD Provinsi Lampung beserta pengurus, pihak Ahli Waris yang diwakili Masputra cucu KH. Ahmad Hanafiah, dan tuan rumah acara bedah hasil riset lapangan yakni Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya ketua Tim peneliti ajuan Gelar Pahlawan KH. Ahmad Hanafiah Dr. Idrus Ruslan, Tim sudah bekerja keras melacak jejak juang KH. Ahmad Hanafiah dari hulu ke hilir. Dari mulai di wilayah Sukadana, Bandar Lampung, Baturaja, sampai ke Arsip Nasional penelusuran sudah dilakukan. Kami siap untuk submit dan menyeminarkannya. Selanjutnya sejarawan UIN Raden Intan Lampung sekaligus ketua Prodi Sejarah Peradaban Islam UIN Raden Intan Lampung memberikan hasil riset lapangannya terkait KH. Ahmad Hanafiah termasuk membedah bagaimana biografi dan perjuangan hingga gugur menjadi kusuma bangsa.

Selanjutnya anggota Tim peneliti Dr. ABD. Rahman Hamid juga memaparkan bagaimana seorang tokoh itu bisa diangkat menjadi Pahlawan Nasional apa sja syaratnya dan kiprah tokoh dalam hal ini KH. Ahmad Hanafiah dalam mempertahankan setiap jengkal tanah pertiwi. Acara ditutup dengan doa dan foto bersama. (Guswa.red.)