Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab UIN Lampung Gelar Kajian Ramadhan


Bandar Lampung – Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung selama bulan ramadhan menggelar Kajian Ramadhan yang disajikan permoment selama lima kali pertemuan dengan menghadirkan pembicara langsung dosen-dosen SPI UIN Raden Intan Lampung terdiri dari Dr. Wahyu Iryana, Dra. Siti Masyukroh M. Si, Dr. Abdul Rahman Hamid, Aan Budianto M. A, Uswatun Hasanah,M.Ag, M. Adi M. Pd, Agus Mahfudin, M. Hum dan para ahli sejarawan lain.

Pada pertemuan pertama Hari Jumat 8 April 2022 langsung digempur menghadirkan Ketua Prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung yakni Dr. Wahyu Iryana dengan topik kajian “Historiografi Islam Sebagai Pintu Gerbang Perjalanan Peradaban Islam.” Dimoderatori oleh Ananda Vinantya Lestari Mahasiswi SPI.

Acara juga dimaping atas kerjasama para mahasiswa SPI yang tergabung dalam HMJ SPI. Dalam prolog paparanya Dr. Wahyu Iryana yang kerap disapa Gus Wayan menyampaikan bahwa acara kajian Ramadhan ini merupakan ajang memperkenalkan personal dosen-dosen prodi SPI Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung kepada pihak luar maka acara didesain terbuka untuk umum. Begitupun paparan sambutan ketua HMJ SPI Enda Haris mengatakan bahwa pihaknya yang mendesain kepanitiaan selalu berkordinasi dengan Ketua Prodi SPI agar acara berjalan lancar dari mulai tema, kemudian flayer, persuratan dan yang lainnya semua dibuat dengan semangat memajukan prodi SPI. Haris juga dalam pembukaan perdana acara Kajian Ramadhan sangat senang dengan antusian kekompakan panitia dan peserta yang bergabung sangat banyak sekali.

Acara dibuka atas nama Prodi SPI diwakili oleh sekretaris prodi SPI Bapak Aan Budianto, M. A. Tema berikutnya kaitan sejarah maritim oleh Bapak Dr. Abd Rahman Hamid, Kajian Gender Keislaman Dra. Siti Masyukroh, M. Sos.I, Ranah Keislaman Bung Karno Uswatun Hasanah M. Hum, Pergerakan Nasional M. Adi, M. Pd.,Keberagaman di Lampung dan Transmigrasi Aan Budianto dan Agus Mahfudin. Harapan Prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung acara ini berdampak pada semangat nalar kesejarahan khususnya mahasiswa SPI UIN Raden Intan Lampung, pengenalan Prodi SPI di Wilayah Sumatra, dan Rekruitmen mahasiswa baru yang akan bergabung dengan Prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung. (guswa.red)