Prodi Sejarah Peradaban Islam Sambangi Lampung Post Sinergi perkuat Literasi di Lampung

Senin, 14 Juni 2021 Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Faultas Adab UIN Raden Intan Lampung melakukan kunjungan ke Kantor Harian Umum Lampung Post, Senin, 14 Juni 2021. Kunjungan tersebut untuk berkolaborasi menghidupkan lagi sejarah, budaya dan khasanah kearifan lokal di Provinsi Lampung. Ketua Prodi SPI Siti Masykuroh mengatakan bahwa Prodi SPI yang masih berusia muda berusaha mengenalkan diri dan bersinergi dengan semua pihak dan bersiap songsong pemetaan Sejarah dan Budaya Islam di Melayu lebih husus lagi di Lampung.

Ia berharap, pihaknya bersama Lampung bisa membangun sinergi yang baik. Sinergitas untuk memberbedayakan akademisi diberikan ruang untuk mempublikasikan gagasannya.

“Terlebih sejarah saat ini menjadi salah satu kekhawatiran, sebab banyak masyarakat khususnya anak muda itu kurang pengetahuan sejarah,” ungkapnya.

Ketua Prodi juga menginginkan satu kholom khusus yang bisa diberdayakan untuk pengembangan ide gagasan para mahaiswa maupun dosen SPI Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung.

Nampak hadir dalam kunjungan Dr. Wahyu Iryana Ahli Sejarah Sosial, Dr. Abudl Rahman Hamid Ahli Sejarah Maritim, Uswatun Hasanah Ahli Sejarah Islam dan para mahasiswa Sejarah Peradaban Islam untuk mengenal dunia Jurnalistik dan penguatan budaya literasi.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Redaksi Dominikus Widodo menyampaikan, Lampung Post telah memiliki ruang akademik bagi masyarakat. Salah satunya adalah kolom opini di koran harian silahkan itu dimanfaatkan.

Kemudian pada koran edisi weekend yang terbit setiap hari Minggu terdapat rubrik Lampung Tumbay. Rubrik itu berisi sejarah, budaya, hingga sastra Lampung.

Hal itu sebagai upaya Lampung untuk terus mengenalkan budaya dan sejarah kepada masyarakat. Menurutnya penting mengenalkan sejarah kepada masyarakat terlebih pada anak muda.

“Kami juga pernah menerbitkan buku tentang Lampung termasuk sejarah dan NU sebagai ormas terbesar Islam,” ungkapnya.” (Iryana.red.)

Tinggalkan Balasan