Grand Final LKTI Sejarah Desa 2021


SPI-FA (3-3) Tahapan akhir lomba karya tulis ilmiah dengan tema “Sejarah Desa” yang diadakan oleh Prodi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab, UIN Raden Intan Lampung dengan APSII telah selesai digelar pada hari Rabu, 3 Maret 2021 sejak pukul 09.00 sd 13.00 WIB. Acara dibuka oleh Wakil Dekan III, Dr. Amiruddin, M.Pd.I yang sekaligus memberikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya acara lomba karya tulis ilmiah bertaraf nasional ini.

Setiap peserta diberi waktu selama maksimal 15 menit untuk memprsentasi karya mereka masing-masing. Setelah melihat presentasi dari 10 besar grand finalis LKTI yang dinilai oleh 3 dewan juri yaitu, Prof. Dr. H. Dudung Abdurrahman, M. Hum (UIN Sunan Kalijaga), Dr. Nadirsah Hawari, M. A (UIN Raden Intan) dan Dr. Awalia Rahma, M. A (UIN Syarif Hdayatullah) secara daring, maka diputuskan pemenang 1, 2 dan 3.

Juara pertama adalah Zahra Auliani, Putri Indah Rengganis dan Muhammad Affan Asyraf dari Dept. Ilmu Sejarah dan Dept. Antroplogi UGM dengan judul karya ilmiah ” Pesona Pegringsingan: Mengulik Sejarah dan Dinamika Resiliensi Adat Tradisi Masyarakat Desa Tengan Pegrisingan Bali dalam Mendukungan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan.

Juara kedua adalah Muhammad Satok Yusuf dari Prodi Arkeologi FIB Udayana dengan judul Sadranan Watu Jaran: Pemersatu Masyarakat Multiagama Desa Kendalrejo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar – Jawa Timur

Sedangkan peringkat ketiga adalah Devi Murdyaningsih dari Prodi Ilmu Sejarah, FIB UNS dengan judul karya Patricia (Upacara Tradisi Mandhasiya) Desa Pancot dan Potensinya sebagai Daya Tarik Wisaya di Kabupaten Karanganyar.

Selain mendapat hadiah uang pembinaan, karya terbaik dari para peserta juga akan diterbitkan dalam bentuk Jurnal atau buku. (An)