Mahasiswa SPI UIN Raden Intan Menulis Buku MY DREAM IS YOU


Bandar Lampung, 25/02/2021. Di tengah rutinitas kami di Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab menyiapkan borang Akreditasi Prodi, datang seorang mahasiswa membawa karyanya, sebuah buku berjudul MY DREAM IS YOU. Kami sungguh terpukau oleh karya itu. Pasalnya, tidak mudah bagi semua orang menulis, apalagi seorang mahasiswa yang baru dua tahun menempuh proses belajar di jenjang sarjana. “Saya baru bisa menerbitkan karya setelah sarjana, tapi Anda bisa melakukan itu sebelum sarjana. Selamat, Anda hebat”, kata Abd. Rahman Hamid, dosen baru Prodi Sejarah SPI yang menyelesikan studi pada Program Doktor Ilmu Sejarah Universitas Indonesia (2019).

Syahrul Ramadhan, pria kelahiran Mesuji 12 Desember 2000, menyerahkan langsung bukunya kepada Ketua Prodi SPI, Dra. Sitti Masykuroh, M.Sos.I, di ruang kerja dosen SPI FA UIN Raden Intan. Ketua Prodi menyambut baik dengan apresiasi yang tinggi kepada Ketua KOSMA itu. Kehidupan Syahrul cukup sederhana dan syarat nilai spiritual. Dari informasi yang berhasil dihimpun oleh penulis diketahui bahwa ia menghabiskan banyak waktunya di masjid, setelah pulang dari kampus. Meskipun begitu, tidak memiskinkan ide dan kreatifitasnya untuk menorehkan karya terbaik.

Syahrir adalah mahasiswa angkatan pertama tahun 2019 dari Prodi SPI. Kendati prodi dan fakultasnya masih berusia ‘balita’, namun itu tidak membuatnya menjadi ‘balita’ dalam berkarya. Apa yang telah dilakukan oleh Syahrir patut dicontoh oleh mahasiswa yang lain. Betapa tidak, problem utama yang dihadapi mahasiawa di kampus adalah budaya membaca dan menulis. Sehingga tak jarang mahasiswa harus tertatih-tatih saat menyelesaikan tahap akhir studinya ketika menulis skripsi, tesis, dan disertasi. Syahrir berhasil menunjukkan usahanya melampaui problem utama itu.

Kita berharap ke depan Syahrir terus berkaya untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya. Tidak terasa, suara Adzan berkumandan, maka Syahrir pun pamit dari ruangan menuju masjid di Fakultas Ushuluddin UIN RI Lampung untuk Shalat Dzuhur (ARH)