Prodi SPI Fakultas Adab UIN RIL Tambah SDM Handal


Sebanyak empat orang dosen diterima menjadi CPNS baru di Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung. Setelah mendapat SK CPNS yang langsung diserahkan oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. H. Mukri, M. Ag dalam sambutan yang sangat singkat dan padat karena masih masa pandemi, Rektor UIN Raden Intan Lampung menyampaikan ucapan selamat dan memberi amanah penting “Ingat kampus kita mendapat penghargaan Internasional dan Nasional sebagain kampus Go Green jadi seluruh CPNS baru harap menjaga kebersihan Lingkungan, sebagai dosen anda contohkan kepada mahasiswa anda dengan tidak merokok dan sambil berseronok Rektor berujar ingat ya yang paling penting lagi jangan sekolahkan SK anda di Bank.” Disambut tepuk tangan dan senyum lara CPNS yang akan menerima SK.

Seluruh CPNS ditugaskan di seluruh sektor unit dan lembaga. Para CPNS Fakultas Adab diterima langsung oleh Dekan Fakultas Adab Dr. Mahmuddin Bunyamin, Lc, MA, dalam sambutanya Dekan menyampaikan ucapan selamat ” Kepada seluruh CPNS Fakultas Adab saya selalu Dekan Fakultas Adab menyampaikan Selamat bergabung dan selamat bekerja bagi CPNS baru, kita sedang menyongsong akreditasi Prodi maka mari upayakan agar semua Prodi di Fakultas Adab bisa minimal mendapat nilai B, untuk itu jaga kebersamaan dan saling bahu membahu untuk mewujudkannya.

Sebanyak tujuh orang dosen diterima menjadi PNS tiga untuk Prodi Ilmu Perpustakaan dan informasi Islam dan empat untuk Prodi Sejarah Perdaban Islam (SPI). Adapun khusus untuk dosen Sejarah Perdaban Islam diantaranya pertama Dr. Wahyu Iryana, S. Hum., M. Ag yang merupakan Alumni S1 dan S2 SPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sedangkan program doktornya di Ilmu Sejarah UNPAD. Bidang keahlian Historiografi Umum, Sejarah Perdaban Islam, dan Sejarah Pergerakan Nasional. Dosen Prodi SPI yang kedua Dr. ABD. Rahman Hamid alumnus Program Doktoral Ilmu Sejarah Universitas Indonesia (UI) bidang keahliannya Sejarah Maritim. Dosen Prodi SPI yang ketiga adalah Aan Budianto, S. Pd., M. A alumni Pendidikan Sejarah UNILA dan Magister Ilmu Sejarah UGM bidang keahlian Sejarah Sosial, dan Dosen Prodi SPI yang keempat adalahUswatun Hasanah, M. Hum merupakan alumni SPI UIN Palembang bidang keahlian SPI dan Ushul Fiqh.

Dalam penyambutan dosen CPNS ketua Prodi SPI Dra. Siti Masykuroh, M. Si menyatakan kegembiraanya atas tambahan SDM dosen di Prodi SPI. “Alhamdulillah, kedatangan para dosen baru laksana Oase di padang pasir, jujur saja Prodi SPI Fakultas Adab ini para dosennya didatangkan dari Fakultas Ushuluddin, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan Fakultas dakwah hampir semua disiplin keilmuannya bukan dari sejarah dan saya bersyukur dengan bergabungnya para CPNS baru di Prodi SPI yang latar belakangnya hampir semua dari Sejarah seolah memberi kesejukan angin surga untuk Prodi SPI, selamat bergabung semoga dengan adanya para dosen sejarah yang baru Prodi Sejarah Perdaban Islam Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung akan semakin maju ke depannya.” Ungkap ketua Prodi dengan penuh keyakinan.

Setelah mendapat pengarahan dari jajaran Dekanat dan Prodi para Dosen Baru diperkenankan mengenalkan diri. Sedangkan secara penugasan masing masing dosen berbeda beda. Dosen Prodi sejarah atas nama Aan Budianto ditugaskan dibagian keuangan Fakultas adab, sedangkan Uswatun Hasanah dan Dr. ABD. Rahman Hamid ditugaskan di Prodi SPI, untuk Wahyu Iryana ditugaskan direktorat menjadi Sespri warek 3 bidang kemahasiswaan dan kerjasama. Setelah mendapatkan SK PNS penuh para CPNS ini akan bekerja menjadi dosen di Prodi SPI sesuai formasi ketika mendaftar di awal.

Semoga CPNS Baru di Prodi SPI Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung bisa membawa kebanggaan dan mewangikan SPI Fakultas Adab di tingkat wilayah, nasional maupun internasional.

(Reportase: Lora Wayanillah)